Kamis, 05 Februari 2015

"Perasaan & Emosi Hasil Reaksi Kimia?

Subhanallah… Semua perasaan dan emosi adalah hasil reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Reaksi-reaksi ini bertanggung jawab untuk membuat perasaan menjadi sebuah emosi negatif seperti marah dan sedih, serta emosi positif seperti cinta dan kebahagiaan. Berikut ini adalah jenis-jenis hormon yang membuat perasaan kebahagiaan atau yang biasa disebut dengan hormon kebahagiaan dan cara meningkatkan hormon kebahagiaan tersebut :
  1. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami pada tubuh dengan cara memblokir rasa sakit. Cara untuk meningkatkan kadar endorfin diantaranya dengan latihan untuk mengatasi rasa sakit kronis seperti latihan anaerobik dan bisa juga dengan mengkonsumsi makanan pedas karena reseptor pada lidah mengirimkan pesan ke otak sebagai rasa sakit, sehingga otak akan melepaskan endorfin.
  2. Serotonin adalah hormon kunci kebahagiaan, karena mengatur suasana hati, mencegah depresi, mencegah iritasi dan bersosialisasi. Cara untuk meningkatkan kadar serotonin dengan cara berjemur di bawah sinar matahari, karena sinar matahari memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang memicu pelepasan serotonin, mengingat kenangan-kenangan yang bahagia, mengkonsumsi makanan yang mengandung tryptophan yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin seperti susu dan jagung, dan melakukan aerobik karena tubuh akan memproduksi serotonin ketika akan melakukan aerobik
  3. Dopamin adalah hormon kesenangan yang dilepaskan ketika kita berusaha untuk menuju suatu tujuan. Dopamin memotivasi untuk bekerja keras, fokus dan membuat perasaan waspada secara mental. Cara untuk meningkatkan kadar dopamin pada tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan menentukan sebuah tujuan baik secara harian dan bulanan.
  4. hormon-oksitosin-atau-hormon-cinta-atau-hormon-kebahagiaanOksitosin adalah hormon cinta yang dihasilkan dengan jumlah besar saat berhubungan seksual, memeluk dan melahirkan. Oksitosin juga meningkatkan perasaan cinta dan kepercayaan. Cara untuk meningkatkan kadar oksitisin pada tubuh dengan merilekskan diri dengan pemijatan atau memeluk pasangan dan keluarga.
Hormon-hormon kebahagian sangat efektif untuk membuat perasaan bahagia tetapi mereka memiliki keterbatasan. Efek dari endorfin hanya sementara, seperti melakukan olahraga akan membuat perasaan menjadi lebih baik setelah bertengkar dengan orang lain, tapi tak lama kemudian akan teringat lagi dengan kemarahan sebelumnya. Terlalu banyak dopamin pun tidak sehat karena dapat menyebabkan kecanduan.
Sumber : Healthmeup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar