Senin, 22 September 2014

Gemar Membaca

Kecerdasan dan Kreativitas Dapat Ditingkatkan Melalui Gemar Membaca

Jakarta, Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kebutuhan informasi maka dari itu...

semua lapisan masyarakat seyogyanya dapat mempelajari berbagai informasi melalui membaca. Hal ini dikarenakan membaca merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan kecerdasan dan kreativitas masyarakat.

Dengan membaca diharapkan pola pikir masyarakat dapat tumbuh dan berkembang yang akhirnya akan berimbas pada terwujudnya sumber daya manusia yang handal dan dapat bersaing di dunia internasional.

Dalam hal ini, tugas pokok pusat pengembangan perpustakaan nasional yaitu melaksanakan pengkajian dan pengembangan minat baca; mengumpulkan, mengolah dan menyebarluaskan informasi; pemasyarakatan minat baca; melaksanakan koordinasi; dan melaksanakan promosi minat baca.

Dalam upaya pemasyarakatan budaya baca, perpustakaan Nasional Republik Indonesia melaksanakan beberapa kegiatan yang ditujukan pada lapisan masyarakat salah satunya yaitu Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca tahun 2009 dengan tema "Pembudayaan Kegemaran Membaca Implementasi Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perputakaan" yang diselenggarakan di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, pada Senin, (14/12), yang dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh.

Dalam sambutannya, Mendiknas, mengatakan "Undang-undang itu penting tetapi urusan pembudayaan itu tidak bisa diselesaikan hanya dengan undang-undang. Tapi, harus muncul dan kita kembangkan kesadaran kolektif bagi masyarakat kita agar gemar membaca,"

Mendiknas juga menambahkan bahwa kalau kita ingin menumbuhkan gemar membaca, maka yang pertama kali harus dipahami dan siapkan adalah bahan bacaan itu sendiri. "Kedua, yaitu menumbuhkan kesadaran kolektif dan ketiga adalah menumbuhkan ketertarikan dalam membaca,"lanjut Mendiknas.

Kegiatan Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mengakomodir permasalahan minat baca dan diharapkan dapat mencari solusi atas permasalahan tersebut, sehingga program pembudayaan gemar membaca dalam kalangan masyarakat dapat dilaksanakan dan tentunya tepat sasaran.

Seminar Nasional kali ini membahas tentang Program Mobil Pintar, Motor Pintar dan Rumah Pintar dalam rangka Pembudayaan Kegemaran Membaca di Masyarakat; Strategi dan Kebijakan Pembudayaan Kegemaran Membaca menurut Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan; dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Melalui Jalur Pendidikan; serta Pembudayaan Kegemaran Membaca Sejak Usia Dini.

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari Kepala Badan Kantor Perpustakaan Provinsi, kabupaten dan kota, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Sekolah, dan para pemerhati Perpustakaan serta para pemerhati minat baca. Dalam acara ini turut diundang pula beberapa lembaga sosial masyarakat yang khusus berminat dibidang minat baca. (AND) -Sidiknas-

http://www.diknas.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar