Rabu, 03 Juni 2015

"Awali Niat Baik"

Innama a'malu bin niat (sesungguhnya segala sesuatu itu berawal dari niat)

Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.(Surat Al-An’am: 162)

Sabda Rosululloh ini lah yang memotivasi saya untuk selalu membersihkan hati dan meluruskan niat. Karena niat itu dari hati. Sebaik apapun pekerjaan seseorang atau seburuk apapun sesungguhnya semua itu diawali dari niat orang tersebut. Jika seseorang melakukan perbuatan yang kelihatan baik dipandangan mata tetapi karena ada niat yang tidak baik, semisal ingin dipuji, ingin dihargai, ingin mendapatkan uang, atau apapun aja yang mengarah kepada sesuatu yang buruk maka pekerjaan yang baik tadi hasilnya pun tidak akan baik, bahkan bisa juga menyengsarakan orang lain. Begitu juga ibadah kepada Allah Swt., jika ibadah kita tidak tulus ikhlas untuk mencari Ridha Allah Swt. maka ibadah kita juga akan sia-sia saja.

Intinya adalah segala sesuatu itu harus diawali dengan niat yang baik, niat yang tulus ikhlas.. dan selalu berpikir positif.. maka InsyaAllah hidup kita pun akan lebih indah, tidak hanya bagi kita pribadi tetapi bagi orang-orang disekitar kita akan merasakan kenyamanan dan keindahan.

Mari kita belajar menjadi orang yang penuh dengan rasa cinta dan kasih sayang. Dia lebih memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan berusaha untuk memenuhinya, sebelum orang lain melakukannya. Dia selalu berpenampilan dengan gaya yang damai dan sesuai. Suasana hatinya sangat berbeda dan positif, dimana orang lain langsung bisa mengetahuinya.
Orang beriman Berniat untuk Hidup dengan Nilai Moral Yang Diajarkan oleh Allah dalam Al Qur'an dengan Cara Terbaik selama 24 Jam Sehari.
Apapun kondisinya, orang beriman tidak akan berkompromi dalam menunjukkan akhlak yang tinggi. Nilai-nilai mereka tidak berubah, mereka selalu menyesuaikan dengan apa yang Allah Perintah dan Ridhoi.
Mereka mengambil Muhammad Rasulullah (saw) sebagai suri tauladan mereka yang Allah Puji dalam Al Qur'an dalam kata-kata ini:
Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung (Surat Al-Qalam: 4)
Hanya ada satu cara untuk selamat dari hancur dalam siksaan kekal api neraka, yaitu hidup menurut Al-Qur'an dan Sunnah, dimana dengan cara ini, Alloh Menghadiahkan kepada manusia "suatu kemenangan"
Allah mengumumkan kabar baik untuk orang beriman dalam kata-kata berikut:
Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikitpun; tetapi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda disebabkan apa yang telah mereka kerjakan; dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang tinggi (dalam surga). (Surat Saba: 37)
Orang-orang seperti itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya. (Surat Al-Mu’minun: 61)
Dengan kehendak Allah, hidup sesuai dengan ajaran Al Qur'an dan Sunnah akan menjadikan orang untuk mampu mengembangkan suatu wawasan yang luas dari pemahaman, kecerdasan yang unggul, kemampuan untuk membedakan mana yang benar dan salah, serta kemampuan untuk mempertimbangkan suatu hal secara mendalam.
Karakter-karakter seperti ini akan memastikan bahwa orang yang memiliki karakter-karakter tersebut, akan menjalani hidup setiap saat dalam kehidupannya dalam kemudahan yang berasal dari keuntungan-keuntungan ini.
Seseorang yang menjalani hidupnya dengan tunduk pada Allah dan sesuai dengan ajaran agama akan sangat berbeda dari orang lain dalam cara dia berperilaku, duduk dan berjalan, dalam sudut pandangnya dan bagaimana ia menjelaskan dan menafsirkan sesuatu hal, dan dalam solusi yang ia temukan untuk masalah-masalah yang menghadapinya.
Terima kasih... semoga bermanfaat...


http://pustakaimamsyafii.com/niat-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar