Selasa, 30 Juni 2015

"Apa ciri-ciri pekerjaan bermuatan ibadah?"

Apa ciri-ciri pekerjaan bermuatan ibadah?
Salah satunya adalah dalam permulaan kita bekerja, dalam proses kita bekerja, dalam menikmati hasilnya, kita selalu karena, untuk dan oleh Allah;
1. Di awal bekerja pun, kita sudah mulai bermuatan ibadah bila pertama kali kita melangkah ke luar rumah kita membaca basmallah dan berdoa kepada Allah Swt. Meminta-Nya terlibat di dalam pekerjaan kita dan menjaga kita dan keluarga yang kita tinggali.
2. Di tengah kesibukkan kerja, kita sempatkan membawa kening kita untuk ruku dan sujud, menegakkan shalat. Di tengah kesibukkan bekerja, kita kunci mulut kita untuk  berkata-kata yang baik, kita kunci telinga kita untuk mendengar hal-hal yang baik, dan menutup mulut aib orang lain.
3. Di akhir pekerjaan, ketika mendapatkan hasil dari pekerjaan kita, kita mengeluarkan sedekah, dan menggunakan rezeki pada tempatnya. Apalagi kalau kita sadari, bahwa bukan semata karena kita yang bekerja, lalu kita berhak atas gaji. Belum tentu. Kita bisa bekerja atas izin Allah, dan mendapatkan hasil pun karena izin Allah, serta menikamati hasil pun atas izin Allah. Tidak satupun kesempatan kita untuk menyingkirkan Allah dari kehidupan kita.

Semoga kita senantiasa termasuk hamba yang selalu ingat akan tugas kita di muka bumi ini, sehingga kita mampu memaksimalkan kehidupan yang lebih berkualitas ini dengan beribadah kepada-Nya. 

1 komentar: