Minggu, 21 Desember 2014

Doa untuk Ibu Kita Tercinta


Salah satu cara yang dapat seorang anak lakukan untuk berbakti kepada orang tua nya adalah dengan senantiasa memanjatkan doa untuk mereka. Tidak terkecuali untuk ibunya. Seorang anak hendaknya senantiasa memanjatkan doa untuk ibu nya karena doa dari anak yang sholeh akan sangat berguna bagi orang tua kita.

Pentingnya Mendoakan Ibu dan Ayah kita

Penting sekali bagi seorang anak untuk senantiasa memanjatkan doa untuk ibu dan ayahnya. Doa seorang anak merupakan salah satu hal yanag akan membantu orang tua kita baik ketika mereka di dunia terlebih lagi ketika di akherat kelak. Dikatakan bahwa amalan seseorang akan terputus kecuali tiga perkara dan salah satunya adalah doa anak yang sholeh untuk ibu dan ayahnya. Hal ini sejalan dengan satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim Rahimahullah:
Daripada Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu ia berkata, Rasulullah Shlolallohu’alaihi wa sallam telah bersabda : “Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang berdoa kepadanya.’‘ (HR Muslim).

Cara Berdoa untuk Ibu dan Ayah

Pada dasarnya untuk mendoakan seseorang termasuk ibu dan ayah kita, tidak ada perbedaan dengan cara berdoa yang lain. Berdoa untuk orang tua dapat kita lakukan kapan pun dan dimanapun kita berada. Akan tetapi alangkah baiknya jika kita berdoa di waktu-waktu yang memang Alloh dan Rasul-Nya sampaikan bahwa waktu dan tempat itu memang mustajab untuk dikabulkannya doa, seperti diakhir sholat, diantara azan dan iqomah, ketika kita sedang sujud dan yang lainnya. Untuk lebih jelas tentag masalah ini, bisa melihat artikel terkait tentang Etika memanjatkan doa untuk orang tua (klik linknya).
doa untuk orangtuaBerikut doa yang mashur di kalangan kita untuk mendoakan ibu dan ayah kita yang dikutip dari al-Quran:
رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ
Artinya :
Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku. (QS. Nuh : 28)
وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24)
Doa yang lebih mashur dan banyak dikenal dikalangan kita mungkin gabungan dari kedua ayat tersebut yaitu:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.
Pada dasarnya berdoa untuk ibu dan ayah kita bisa dengan bahasa yang kita pahami jika memang tidak mampu untuk menghafalnya. Hendaknya kita senantiasa mendoakan orang tua kita akan kebaikan baik di dunia maupun diakherat. Doakan lah ibu dan ayah kita agar senantiasa istiqomah di jalan Islam dan diatas Hidayah Alloh Subhanahuwata’ala serta mendapatkan kebahagiaan di akherat kelak.
Demikian artikel tentang Doa untuk Ibu kita tercinta ini, semoga dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun bagi para pembaca sekalian. Tahukah kita bahwa berbakti kepada orang tua kita pun bisa dengan jalan sedekah? Sekiranya ada yang berminat? Silahkan salurakan donasi anda sebagai hadiah untuk orang tua dengan ikut bersedekah al Quran untuk ribuan pesantren di indonesia. (Klik di sini jika bersedia). Terimakasih atas kunjungannya!

Sumber

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar