Minggu, 23 November 2014

Hari Guru Sedunia, Badan-badan PBB Desak Investasi di Pendidik


Melakukan investasi dalam guru sangat dibutuhkan untuk memberikan kemungkinan kesempatan terbaik bagi jutaan anak-anak, remaja dan dewasa di seluruh dunia, kepala dari berbagai badan PBB pada hari Minggu (5/10) mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama menandai Hari Guru Sedunia.
“Sebuah sistem pendidikan hanya sebaik bila gurunya baik,” kata kepala berbagai badan, dan menyerukan pelatihan yang lebih ketat, kondisi yang lebih baik untuk pekerjaan, rekrutmen guru berbasis kualitas, penyebaran bijaksana dan menarik guru baru dan berbakat, khususnya kaum muda dan perempuan dari masyarakat yang tidak terwakili.
“Inovatif, inklusif dan hasil pengajaran yang terfokus sangat penting untuk tahun 2015 dan seterusnya,” mereka menambahkan dalam pesan mereka untuk menandai Hari, yang tahun ini menandai peringatan ke-20.
Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Direktur-Jenderal Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO) Irina Bokova; Direktur-Jenderal Badan Perburuhan Internasional (ILO) Guy Ryder, Direktur Eksekutif Dana Anak-Anak PBB (UNICEF) Anthony Lake; Administrator Program Pembangunan PBB (UNDP) Helen Clark; dan Fred van Leeuwen, Sekretaris Jenderal Pendidikan International, yang merupakan organisasi guru di seluruh dunia.
Salah satu perhatian utama di berbagai negara adalah kurangnya pendidik. Tambahan sebanyak 1,4 juta guru diperlukan untuk mencapai pendidikan dasar universal pada tahun 2015, tujuan kedua dari delapan anti-kemiskinan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs).
UNESCO melaporkan pekan lalu bahwa kekurangan global guru telah menekan banyak negara ke dalam mempekerjakan pendidik dengan sedikit atau tanpa adanya pelatihan, merusak kemajuan pendidikan banyak anak-anak usia sekolah di seluruh dunia.
“Saat ini kami menghadapi krisis pembelajaran global, dengan 250 juta anak-anak tidak mendapatkan pelajaran mendasar, lebih dari setengah dari mereka telah menghabiskan empat tahun di sekolah,” kata pejabat senior PBB pada hari Minggu (5/10) mengatakan.
Mereka menyoroti juga bahwa dukungan untuk efektivitas guru adalah bagian dari rancangan agenda pembangunan berkelanjutan pasca-2015. Konsultasi Tematik Pendidikan’Global,” merupakan bagian dari rancangan, termasuk kondisi yang layak kerja, kondisi lingkungan kerja yang baik, berkualitas tinggi sebelum dan selama pelatihan bagi para guru dan manajemen yang efektif, termasuk rekrutmen dan penempatan guru.
Selain itu, kepala badan PBB juga mencatat bahwa pengajaran yang berkualitas tergantung pada guru dalam menikmati hak-hak dasar mereka, seperti perlindungan dari kekerasan, kebebasan akademik dan kebebasan untuk bergabung dengan serikat independen.
Hari Guru Sedunia, yang diadakan setiap tahun sejak tahun 1994, memperingati penandatanganan pada tahun 1966 dari Rekomendasi UNESCO/ILO Mengenai Status Guru, dan merayakan peran penting dari guru dalam memberikan pendidikan yang berkualitas di semua tingkatan. Rekomendasi mengenai Status Guru memiliki, pada dasarnya, menjadii piagam untuk hak-hak bagi para guru di seluruh dunia.

Sumber:

Pada Hari Guru Sedunia, badan-badan PBB desak investasi di pendidik

On World Teachers’ Day, UN agencies urge investing in educators


Tidak ada komentar:

Posting Komentar