Rabu, 05 November 2014

Flek Hitam Membandel? Atasi dengan Jeruk Lemon

Flek Hitam Membandel? Atasi dengan Jeruk Lemon

Wajah bersih tanpa flek (Foto: Google)
Flek Hitam Membandel? Atasi dengan Jeruk Lemon
SETIAP wanita menginginkan kulit yang halus dan mulus tanpa noda. Sayangnya, tidak semua wanita memiliki kondisi kulit seperti itu. Noda dan flek hitam sering kali menghiasi wajah mereka. Meski telah melakukan berbagai perawatan, terkadang flek hitam sulit dipudarkan.

Flek merupakan noda hitam atau warna gelap pada kulit. Wajah noda ini bisa membuat orang tidak percaya diri. Bahkan bisa membuat penampilanya tampak lebih tua, kusam, dan kelihatan seperti tidak terurus.

Flek yang pada umumnya ditemukan di wajah, tidak berhubungan dengan tipe kulit kering, normal, ataupun berminyak. Flek disebabkan oleh banyak hal, seperti faktor genetic, hormon, ras, sinar UV, dan kosmetika yang digunakan sehari-hari, serta konsumsi obat-obatan yang memicu terjadinya pigmentasi kulit.

“Faktor hormonal, stres, KB, dan sinar matahari menjadi faktor-faktor penyebab timbulnya flek hitam di wajah. Flek hitam di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Apalagi kalau kita bekerja yang mewajibkan untuk bertemu banyak orang. Tentu rasa percaya diri akan semakin berkurang,” ungkap Indit Susetyo Lini, herbalis dari klinik Griya Sehat.

Wajah remaja yang sedang mengalami masa pubertas akan menjadi sangat sensitif terhadap minyak, sinar matahari, dan kotoran dari luar yang pada akhirnya dapat menimbulkan flek hitam. Banyak sekali merek kosmetik yang dipakai untuk menutupi dan memudarkan flek hitam di wajah. Namun, bahan-bahan ini hanya menutupi noda atau flek itu dan bukannya menghilangkannya.

Menurut Indit, memang pada beberapa bahan kosmetik yang berfungsi sebagai pembersih wajah dan menghilangkan flek hitam. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mencoba menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan-bahan alami yang tentunya lebih murah, mudah didapatkan, dan lebih aman.

“Herbal alami seperti daun sirih, kunyit, jeruk lemon, dan madu dapat membantu mengurangi dan memudarkan flek hitam di wajah,” katanya.

Bahan-bahan herbal ini dicampur menjadi satu dalam satu wadah berisi tiga gelas air. Direbus hingga tersisa 1,5 gelas. Diminum pagi dan sore sesudah makan.

“Daun sirih tiga lembar, kunyit satu rimpang, dan perasan jeruk lemon direbus dengan tiga gelas air, hingga tersisa satu setengah gelas. Diminum pagi dan sore,” imbuhnya.

Penderita maag, katanya, sebaiknya mengonsumsi herbal setelah makan. Jika sedang mengonsumsi obat dokter, sebaiknya penderita maag mengonsumsi herbal ini satu jam setelah mengonsumsi obat dokter.

“Hasilnya tergantung pada letak flek hitam itu sendiri. Jika flek hitam berada di lapisan kulit yang tidak terlalu dalam, flek hitam berada di lapisan kulit yang tidak terlalu dalam, flek hitam akan cepat teratasi,” ungkapanya.

Menurutnya, jeruk lemon memiliki kandungan yang kaya manfaat. Beberapa penyakit ternyata juga dapat diobati dengan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam air perasan lemon. Selain itu, lemon juga memiliki khasiat membersihkan organ tubuh dari berbagai mikroba serta radikal bebas.

Menurut Jethro Kloss, dalam bukunya berjudul Back to Eden, air lemon bisa mencegah sepsis (penumpukan bakteri di dalam tubuh).

Selain itu, air lemon juga memiliki efek anti-scourbutic atau kemampuan tubuh untuk mencegah penyakit dan membersihkan kotoran dalam tubuh.

“Jeruk lemon telah lama dihargai karena bergizi dan menjadi sumber antioksidan. Jeruk lemon juga mengandung sejumlah mineral sehat, seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah,” terangnya.
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar