Kamis, 16 Juni 2016

🌷LIMA BAHASA CINTA🌷

TANGKI CINTA DAN 5 BAHASA KASIH

Tangki cinta menurut Dr Gary Chapman. di dalam bukunya yang berisi tentang solusi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pernikahan. Pernikahan pasti memunculkan masalah, selama kita hidup dan bergerak, masalah pasti menyertai kehidupan kita.

Umumnya permasalahan yang terjadi dalam hubungan pasangan suami istri adalah hilangnya kasih. Mereka merasa tidak dicintai oleh pasangannya, mereka sudah terlalu banyak memberi namun tidak menerima balasannya. Mereka mencintai namun dibenci. Mereka tidak tahu lagi atau sudah lupa rasanya mencintai dan dicintai. Gary Chapman mendefinisikan masalah kekurangan kasih ini dengan kosongnya "tangki cinta " dalam diri masing-masing pasangan suami istri tersebut.

Selama tangki cintanya kosong, mereka tidak bisa mencintai pasangannya. Selama tangki cintanya tidak diisi sampai meluber, mereka tidak akan merasa dicintai. Uniknya, tangki cinta seseorang berbeda dengan tangki cinta orang lain. Artinya, cara kita mengisi tangki cinta pasangan kita berbeda dengan cara pasangan kita mengisi tangki cinta kita. Cinta memang aneh tapi benar-benar nyata ! Apa yang membuat kita merasa dicintai adalah bahan bakar tangki cinta kita. Beberapa orang merasa dicintai ketika menerima hadiah-hadiah. Orang lain baru merasakan cinta ketika pasangannya berada disampingnya setiap saat. Beberapa lainnya mendapatkan cinta ketika pasangannya membantu pekerjaannya.


Chapman membagi cari mengisi tangki cinta ini menjadi lima cara:
1. Pelayanan
2. Saat indah
3. Hadiah
4. Sentuhan fisik
5. Kata - kata pendukung


Kelima cara ini disebutnya dengan Lima Bahasa Kasih. Lima bahasa cinta yang membuat seseorang merasa dicintai.

Uniknya, masing-masing dari kita memiliki bahasa cinta yang berbeda. Jika bahasa cinta kita adalah saat indah, maka hanya dengan menciptakan saat-saat mengesankan dalam hidup inilah kita baru merasa dicintai. Jika bahasa cinta pasangan kita adalah menerima hadiah, maka satu-satunya cara mencintainya dan membuat tangki cintanya terisi adalah dengan memberinya hadiah-hadiah !
Memberikan hadiah kepada pasangan yang bahasa kasihnya pelayanan tidak akan membuat dirinya merasa dicintai. Demikian pula dengan menciptakan saat indah kepada pasangan yang bahasa cintanya sentuhan fisik tidak akan mengisi tangki cintanya. Berbicaralah dengan bahasa kasih pasangan Anda karena hal itulah yang bisa membuat dirinya merasakan cinta Anda ! Dengan mengetahui bahasa cinta pasangan Anda, maka Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak perlu dalam hubungan Anda.
 

LIMA BAHASA KASIH, BAHASA CINTA DIRI ATAU PASANGAN ANDA
Apa bahasa cinta Anda ? Sikap, perbuatan, atau "sesuatu" yang bisa membuat Anda merasa dicintai. Itulah bahasa kasih primer Anda, Bahasa kasihnya adalah sentuhan fisik, belaian, dan sex. Sebaliknya para wanita kecenderungannya adalah kata-kata pendukung atau saat - saat mengesankan

Selalu kita berupaya untuk mengisi tangki cinta. Cinta tidak sekedar pujian dan suasana romantis. Cinta lebih dari semua itu, cinta adalah suatu tindakan yang membuat kita merasa dicintai. "Sesuatu yang mampu mengisi tangki cinta kita."

Menurut Gary Chapman, ada dua kemungkinan sesorang tidak mengetahui bahasa kasih primernya. Pertama, orang tersebut tangki cintanya selalu penuh karena pasangannya melakukan berbagai cara untuk menyenangkan dirinya. Kedua, tangki cinta orang tersebut sudah lama kosong sehingga dia lupa bagaimana rasanya dicintai. Apakah saya termasuk yang pertama atau yang kedua ya ? Kelihatannya sih lebih cocok yang kedua, sudah lupa rasanya dicintai

Menemukan bahasa kasih primer tidak semudah yang Anda bayangkan. Tapi pantas untuk dicari karena pahalanya besar. Awalnya Anda akan merasa dicintai, dilanjutkan balas mencintai. Akhirnya saling mencintai dan bahagia selamanya


Apa yang dilakukan pasangan Anda atau tidak ia lakukan.
Apa yang paling melukai perasaan Anda ?
Apa yang paling melukai perasaan Anda kemungkinan merupakan bahasa cinta Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar