Jumat, 28 Agustus 2015

♥♥JUM' AT♥♥


♥Bismillaahir Rahmaanir Rahiim♥

Assalamualaikum....

♥♥♥AMALAN HARI JUM'AT♥♥♥

♥♥Memperbanyak shalawat atas Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.
Hal ini berlandaskan hadits Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam,
إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَأَكْثِرُوْاعَلَيَّ مِنَ الصَّ ةَالِ فِيْهِ فَإِنَّ صَ تَكُمْ مَعْرُوْضَةٌ عَلَيَّ
"Sesungguhnya diantara hari-hari kalian yang paling mulia adalah hari Jum'at. Karena itu, perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari itu karena shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku." (HR. Abu Dawud dalam as-Sunan no. 1528 dari Aus bin Aus radhiyallahu 'anhu. An-Nawawi rahimahullah dalam Riyadhus Shalihin menyatakannya sahih)

♥♥Membaca surat al-Kahfi pada malam Jum'at dan siang harinya
Landasannya adalah atsar Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu, beliau berkata,
مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَلَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ
"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum'at, akan bersinar baginya cahaya antara dirinya dan Baitul Haram." (Riwayatal-Baihaqi dalam asy-Syu'ab dan dinyatakan sahih oleh al-'Allamah al-Albani dalam Shahih al-Jami')
Atsar tersebut juga datang dengan lafadz yang lain, "Barang siapa membaca suratal-Kahfi pada hari Jum'at maka akan bersinar baginya cahaya antara dua Jum'at." (Riwayat an-Nasai dalam Alyaum Wallailah, dan asy-Syaikh al-Albani menyatakan sahih dalam Shahih at-Targhib no. 735)

♥♥Adapun hadits yang menyebutkan, "Barang siapa membaca (surat) Yasin pada suatu malam, ia berada di pagi hari dalam keadaan telah diampuni.

♥♥Barang siapa membaca (surat) ad-Dukhan pada malam Jum'at, ia berada di pagi hari dalam keadaan telah diampuni," adalah hadits palsu. Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnul Jauzi rahimahullah dalam al-Maudhu'at. Ibnul Jauzi rahimahullah berkata, "Ad-Daruquthni berkata, 'Muhammad bin Zakaria (perawi hadits ini) memalsukan hadits'." (Lihat kitab Ahaditsul Jumu'ah hlm. 131)

♥♥Disunnahkan membaca surat as-Sajdah dan ad-Dahr (al-Insan) pada shalat subuh di hari Jum'at.
Hal ini berlandaskan hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam membaca pada shalat subuh di hari Jum'at آلم تنزيل (surat as-Sajdah) dan هل أتى على الإنسان (surat ad-Dahr). (Shahih al-Bukhari no. 891)
Disebutkan bahwa hikmah disyariatkannya membaca dua surat ini karena keduanya mengandung isyarat tentang penciptaan Adam yang terjadi pada hari Jum'at dan adanya isyarat tentang kondisi hari kiamat yang akan terjadi pada hari Jum'at.

♥♥Amalan Sunnah Hari Jum'at

1. Membaca surat al-Kahfi pada malam Jum'at. Bila tidak sempat membacanya di malam hari boleh membacanya di siang hari. (HR. Ad-Darimi, An-Nasa'i, Al Hakim)

2. Membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan secara sempurna pada dua rakaat shalat Shubuh (HR. Bukhari dan Muslim serta yang lainnya)

3. Memperbanyak shalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam. (HR. Abu Dawud)

4. Wajib bagi laki-laki melaksanakan shalat Jum'at. (Lihat: Syarh al-Mumti': 5/7-24)

5. Dianjurkan mandi besar (HR. Muslim)

6. Memakai wewangian, bersiwak atau menggosok gigi, serta mengenakan pakaian yang paling baik. (HR.Ahmad)

7. Berangkat lebih awal menuju masjid. (HR. Muttafaqun 'alaih)

8. Saat menunggu kedatangan imam dianjurkan untuk menyibukkan diri dengan shalat, shalawat, dzikir maupun membaca Al-Qur'an.

9. Dianjurkan mendekat kearah khatib untuk mendengarkan khutbah. (HR. Abu Dawud)

10. Dianjurkan juga menghadapkan wajah ke arah khotib saat khutbah sedang berlangsung. (HR. Abdurrazzaq dan Al-Baihaqi)

11. Wajib mendengarkan khutbah dengan seksama. Bagi siapa saja yang sibuk sendiri baik dengan bermain kerikil, berbicara pada saat khutbah sedang berlangsung, maka jum'atnya sia-sia. (Muttafaqun 'Alaih)

12. Saat masuk masjid disunnahkan mengerjakan shalat dua rakaat tetlebih dahulu sebelum duduk mendengarkan khutbah. Hal ini berlaku sekalipun khotib sedang menyampaikan khutbah. (HR. Muslim)

13. Setelah menunaikan sholat Jum'at disunnahkan mengerjakan shalat sunnah dua rakaat atau empat rakaat dengan dua kali salam. (HR. Muslim)

14. Berdoa di penghujung hari Jum'at. (Muttafaqun 'Alaih)
berdoa dihari jumat adalah waktu mustajab dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari

Semoga kita di HARI JUM`AT yang penuh rahmat dan berkah ini ....menjadikan kita lebih mencintai Allah SWT, Semoga Allah memudahkan kita semua dalam mengamalkan sunnah hari Jum'at, semoga hidup kita lebih bermanfaat untuk orang banyak dan aktivitas kita lebih berkualitas...semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. semoga kita mendapat petunjuk, bimbingan-Nya untuk selalu memperbaiki diri terus menerus...sampai Allah memanggil kita dalam keadaan khusnul khotimah dalam pelukan cinta-Mu ...yaa Allah....
Aamiin yaa Rabb.....

---------------------------
http://mozaik.inilah.com/read/detail/2190553/tujuh-sunnah-rasul-di-hari-jumat
http://swastyas.blogspot.com/2015/06/sunnah-sunnah-di-hari-jumat_35.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar