Senin, 06 Oktober 2014

Tips Sukses dari Orang Terkaya Tiongkok, Berpikir Maju dan Bantu Orang Kecil


Pendiri perusahaan e-commerce Alibaba, Jack Ma, dinobatkan sebagai orang terkaya di Tiongkok. Ia berbagi resep menuju kesuksesan yang mudah diterapkan banyak orang.

Kemarin mantan guru bahasa Inggris ini menjadi pembicara di sebuah acara diskusi yang digelar di Clinton Global Initiative di New York. Acara yang dimoderasi Chelsea Clinton membahas berbagai topik, mulai dari pandangan Jack terhadap uang, visi dan misi Alibaba, sampai sumbangan kemanusiaan.

"Kami bisa sukses seperti sekarang, bukan berarti kami sudah bekerja dengan baik hari ini saja. Kami sudah punya mimpi yang dimulai 15 tahun lalu, katanya seperti dikutip CNN, Kamis (25/9/2014).

Menurutnya, banyak orang menilai Alibaba yang dulunya hanya perusahaan kecil bisa sukses karena bantuan pemerintah Tiongkok melarang situs e-commerce asing beroperasi di negaranya.

Jack pun membantah anggapan itu. Ia mengaku kesuksesannya itu merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi yang tinggi.

"Kami tidak punya ayah yang kaya, atau paman yang berkuasa di pemerintahan. Kami punya pelanggan yang benar-benar mendukung kami," ujarnya.

Alibaba yang 15 tahun lalu dibentuk di apartemen Jack kini menjadi perusahaan internasional dengan kapitalisasi pasar US$ 165,5 miliar (Rp 1.655 triliun). Jack mengatakan, ini menjadi bukti bahwa orang kecil pun bisa meraih sukses jika bekerja keras.

Pernyataan itu menjadi filosofi Jack. Ia punya anggapan, bantulah orang kecil karena orang kecil suatu saat akan menjadi besar. Filosofi itu membuat Jack yang diurus oleh ayah dan ibu putus sekolah selalu berusaha membantu orang yang kurang mampu.

Jack sudah menyumbangkan US$ 3 miliar (Rp 33 triliun) hartanya kepada yayasan kemanusiaan. Sektor yang ia sasar adalah lingkungan dan pendidikan.

Ia mengatakan, jutaan rakyat Tiongkok akan menderita gangguan kesehatan jika polusi udara saat ini tidak ditanggulangi. Ia pun optimistis bisa mengubah hal ini.

Pendidikan juga menjadi perhatian penting bagi Jack. Ia tidak ingin rakyat Tiongkok punya banyak uang tapi minim sopan santun. Pria penyuka Forrest Gump ini pun menutup pembahasan dengan bocorannya untuk mengubah dunia.

"Rahasianya adalah membantu orang lain yang ingin sukses. Bantulah anak-anak muda. Bantulah orang-orang kecil, karena orang kecil suatu saat akan jadi besar. Anak muda akan membawa pemikiran Anda untuk mengubah dunia saat mereka dewasa," tutupnya.

Sumber: Detik Finance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar