Senin, 06 Oktober 2014

Kiat Cepat Membaca Buku


 
 
Banyak pepatah dan kata-kata motivasi yang disampaikan orang-orang berpengaruh di dunia tentang pentingnya membaca buku. Diantaranya adalah:
  • Buku adalah jendela dunia.
  • Dengan membaca kita memasukkan dunia ke dalam pikiran kita.
  • Orang yang rajin membaca bagaikan sedangmelihat masa lalu dan masa depan. Hadir di setiap sejarah, dan hadir di setiap imajinasi orang-orang hebat.dengan membaca kita memasukkan dunia kedalam pikiran kita.
  • Dengan membaca Anda akan menjadi teman-teman orang hebat.
  • Your future depends on what book you read.
  • All leaders are readers.
Dan masih banyak lagi yang lainnya. Lagi pula, apakah kita bisa menjadi lebih bijak dan pintar dengan tidak membaca buku? Jika jawabannya Anda "TIDAK", maka mulailah membaca. Bahkan rajin membaca juga akan meningkatkan kesehatan pembacanya, salah satunya mengurangi PIKUN (Baca artikel lengkapnya disini).

Namun, pada kesempatan ini, kita tidak akan membahas mengenai manfaat membaca, melainkan kiat membaca cepat. Satu hal yang perlu kita ketahui sebelum artikel ini kita teruskan adalah, Bacalah Pada Apa Yang Anda Butuhkan Saja, Bukan Pada Apa Yang Ditulis Penulis Buku.

Berikut adalah kiat-kiat sederhana dari saya:
  1. Baca Judul Buku yang ada di tangan Anda. (Misalnya Kiat Sukses)
  2. Baca Sinopsis yang biasanya ada di Cover belakang buku. Ini akan memudahkan Anda untuk mengenali apa sebenarnya isi buku yang sedang Anda pegang saat ini. Hal ini juga akan membantu Anda apabila Anda butuh buku itu atau tidak. Jika Anda butuh buku tersebut, lanjutkan langkah ketiga di bawah ini.
  3. Buka daftar ini buku. 
  4. Cari Judul dan Sub-sub judul yang Anda butuhkan saja. Saran saya, catat semua Bab dan sub-sub judulnya menjadi Mindmap seperti gambar di bawah tulisan ini.
  5. Setelah Anda dapatkan Judul dan sub-sub judul yang Anda butuhkan, baca bagian itu. Jangan habiskan waktu Anda untuk membaca hal-hal yang sudah Anda ketahui dan pahami.
  6. Selesai. Kini Anda selesai membaca 1 buku dengan cepat.
Agar Anda punya dokumentasi dan ingin mengulang-ulang buku yang pernah Anda baca, silahkan buat Mindmap seperti di bawah ini:
Jangan pernah bosan membaca buku sebab tidak ada ilmu yang tidak ada gunanya, mungkin bukan sekarang, tapi suatu saat nanti. Mungkin bukan untuk Anda, tapi untuk anak-anak Anda.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar