Minggu, 22 Juli 2012

"Kucinta; Banyumulek"



Banyumulek adalah nama desa yang merupakan salah satu sentra industri kerajinan gerabah yang ada di Lombok dan terletak di kecamatan Kediri kabupaten Lombok Barat. Luas daerahnya mencapai kira-kira 4. 21 ha dengan jumlah penduduk 10.347 jiwa dan lebih dari 80 % di antaranya menggantungkan hidup pada kerajinan gerabah.

Sejarah pembuatan gerabah bermula dari sebuah legenda yang berkembang di masyarakat yang menceritakan bahwa Dewi Anjani, penguasa Gunung Rinjani, mengutus seekor burung, manuk Bere, untuk menolong dan mengajarkan cara menanak nasi kepada sepasang suami isteri yang baru pertama kali memanen hasil pertaniannya. Sang burung tersebut mengajarkan juga bagaimana cara membuat periuk dari tanah liat yang berasal dari dataran tinggi. Oleh karena itulah, masyarakat Sasak percaya bahwa sejak saat itulah keterampilan membuat gerabah berkembang dan diwarisi sampai sekarang.

Gerabah Banyumulek Lombok secara umum telah menembus pasar dunia dengan 28 negara tujuan ekspor antaranya adalah Amerika, Belanda, Italia, New Zealand, Spanyol, Norway, Denmark, Malaysia dll. Pada tahun 2010, nilai ekspor gerabah Banyumulek Lombok tercatat sekitar 1,116 juta dollar Amerika.

Selain Banyumulek, Desa Penujak Lombok Tengah dan desa Masbagik Lombok Timur. Dewasa ini, kerajinan gerabah telah menjadi harapan hidup lebih dari 10.000 pengerajin yang berasal dari ketiga desa tersebut di atas.

Di Indonesia, gerabah Lombok bersaing dengan gerabah Pleret dan gerabah Kasongan.

Sedangkan luar negeri, saingan gerabah Banyumulek adalah gerabah Thailand. Namun demikian, gerabah Banyumulek Lombok punya daya saing yang baik karena bahan bakunya punya kandungan pasir kuarsa dan kaolinnya yang cukup tinggi. Selain itu gerabah Banyumulek Lombok sudah dilengkapi dengan sertifikat non toxic sehingga aman dipakai sebagai tempat menyajikan makanan.

Artikel terkait

Analisis bentuk dan Fungsi Gerabah Banyumulek Lombok Barat
Analisis Bentuk dan fungsi Gerabah Banyumulek Lombok Barat
Panorama Pulau lombok

Wisata Lombok
Paket Wisata Lombok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar